Selasa, 06 Desember 2011

tips menghadapi ujian semester



secara garis besar cara belajar untuk persiapan ujian ituh ada tiga cara, khususnya untuk pelajaran menghafal.
  • Dihafal Dulu Baru Dibaca-baca Lagi
Beberapa waktu sebelum ujian yang  udah kita tetapin, kita gunakan untuk menghafal [mati]. Nah, ketika ujiannya udah mau tiba, misal semalem sebelum ujian, kita hanya tinggal baca-baca dan mempertajam saja.
Tipe inih cocok untuk mereka yang punya ingatannya [khususnya untuk hafal-hafalan] bisa bertahan lama. Biasanya sih mereka text-book banget dah ntar jawabannya. Wuih!
:-o
  • Dibaca-baca Dulu Baru Dihafal
Beberapa waktu sebelum ujian yang udah kita tetapin, kita gunakan untuk baca-baca ajah. Nah, pada waktu ujian udah mau tiba, misal semalem sebelum ujian, baru dah dihafal [mati]. Tipe inih cocok untuk mereka yang punya ingatan yang ngga bisa bertahan lama.
Helda sendiri termasuk tipe yang kedua ini nih. Helda ngga bisa menghafal dan mengingatnya untuk waktu yang lama. Makanya, Helda lebih memilih untuk baca-baca aja, lebih memilih untuk mengerti garis besarnya dulu. Setelah ituh, baru dah Helda embat buat menghafal. Dari pengalaman Helda nih ye sebagai tipe yang kedua inih – Helda menjadi orang yang ngga ‘text-book’.
;))
  • Dihafal – Dibaca-baca – Dihafal
Ini nih tipe orang paling rajin. Hehehe. Pada waktu yang udah ditetapin, dia bakal menghafal [mati]. Waktu dia lagi nyantai atau ngga ada kerjaan atau lagi di jalan dan sebagainya – dia bakal pake buat baca-baca sekadar memperkuat ingatan. Ketika ujian udah mau tiba, misal semalem sebelum ujian, dia gunain lagi buat hafal ulang. Mantep dah!
Tergantung kamu sih maunya gimana dan coba perhatiin kamu ituh termasuk tipe yang mana.
Yang pasti, jangan sampe’ ngga belajar yah..! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar